Merawat mobil bekas terkadang terlupakan oleh sebagian orang. Kebanyakan orang hanya bisa menggunakan mobil tapi tidak merawatnya. Sehingga tak heran banyak terjadi mobil yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mogok. Salah satu komponen mobil yang harus dirawat adalah mesin. Soalnya jika mesin tak terawat jangan heran mobil tidak bisa menyala. Yuk, mulai rawat mesin mobilmu dari yang paling mudah berikut ini!

Rutin Ganti Oli

Hal yang paling mudah untuk merawat mesin mobil adalah memerhatikan kondisi oli mesin. Oli memang sebaiknya diganti sesuai dengan petunjuk, biasanya 5.000-10.000 km. Selain itu juga dapat mengecek dengan meneteskan oli di tangan dan jika terasa ada serpihan halus di dalamnya maka oli harus segera diganti dengan yang baru.

Periksa Kopling

Untuk kamu yang menggunakan mobil dengan transmisi manual, harus periksa kopling mobilmu secara rutin untuk merawat mesin mobil. Bagian kampas kopling yang harus kamu periksa, jika sudah mulai aus maka perpindahan gigi akan semakin berat.

Pastikan Air Radiator Tidak Kurang

Salah satu komponen mesin mobil yang penting adalah radiator yang berguna untuk mendinginkan mesin yang sedang bekerja. Untuk itu salah satu cara merawat mesin mobil adalah memastikan air radiator tetap dalam kondisi yang aman agar tidak terjadi overheat.

Pastika Kualitas Aki Masih Baik

Untuk memastikan aki dapat bekerja dengan baik adalah mengecek air aki masih pada level yang seharusnya. Jika tidak dalam level yang seharusnya maka bisa terjadi gangguan tegangan listrik yang menyebabkan mobil tidak bisa menyala.

Menggunakan Mobil dengan Cara yang Benar

Untuk merawat mesin mobil agar tetap awet harus juga memerhatikan cara menggunakan mobil. Seperti menggunakan transmisi sesuai kecepatan dan hindari pengereman mendadak.

Gunakan BBM yang Sesuai

Salah satu cara merawat mesin mobil adalah dengan menggunakan BBM yang sesuai dengan ketentuan mobil. Jika menggunakan BBM yang tidak sesuai maka dapat terjadi gangguan pada mesin mobil dan kemungkinan terburuknya adalah mesin mobil dapat rusak.