pipa air panas

Melakukan instalasi pipa air panas dingin memang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Apalagi jika Anda memang tidak memiliki pengalaman dalam melakukan penginstalan pipa.

Ditambah, instalasi ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di dalam rumah. Tentu saja instalasi harus dilakukan dengan benar. Jangan sampai, sistem instalasi tidak dilakukan dengan tepat dan akhirnya berujung pada kebocoran pipa dan membuat Anda harus melakukan sejumlah perbagikan.

Sebelum proses instalasi dilakukan, dibutuhkan persiapan sehingga nantinya proses distribusi air bisa berjalan dengan lancar serta efisien.

Instalasi Pipa Air Panas Dingin

Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses instalasi yang Anda lakukan, berikut berbagai macam tips melakukan instalasi pipa yang bisa Anda ikuti, antara lain:

  1. Pastikan sumber air terlebih dahulu

Sebelum melakukan proses instalasi, hal pertama yang harus dilakukan ialah memastikan sumber air. Pastikan sumber air yang nantinya akan Anda instal layak untuk kebutuhan rumah.

Dengan mengetahui seperti apa jenis sumber air yang digunakan, pemasangan bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Pastikan menggunakan pipa yang berkualitas

Karena nantinya pipa digunakan untuk mengalirkan air panas dan air dingin, pastikan Anda menggunakan pipa yang benar-benar berkualitas. Pipa air yang Anda gunakan harus memiliki sifat ringan, sehingga nantinya proses transportasi serta instalasi bisa dilakukan dengan mudah.

Bukan hanya memiliki sifat ringan, pipa yang nantinya Anda gunakan juga harus memiliki sistem ulir. Dengan sistem ulir yang dimilikim kerusakan yang disebabkan arena air panas, karat dan bahan kimia bisa diaplikasikan di semua sistem sanitari.

  1. Pertimbangkan mode instalasi

Bila masalah sumber air dan pilihan pipa sudah dilakukan, Anda bisa mempertimbangkan mode instalasi. Mode instalasi harus disesuaikan dengan kondisi lapangan dan budget yang Anda siapkan.

Bila menggunakan sistem tertutup, semua unjung pipa disambung tanpa memutus. Tetapi jika menggunakan sistem ini, biaya yang dimiliki lebih mahal, beda jika menggunakan sistem terbuka, biaya yang harus Anda keluarkan akan menjadi lebih murah namun dapat terjadi beberapa masalah seperti debit air yang tidak sama.

  1. Baca petunjuk dengan baik

Melakukan pemasangan atau instalasi pipa air panas serta dingin, tentu saja berbeda dengan melakukan instalasi pipa air dingin biasa. Jika pipa biasa, Anda hanya perlu menyambung sesuai dengan kebutuhan, namun pada pipa air panas, dibutuhkan treatment khusus sehingga instalasi bisa dilakukan dengan baik.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melakukan instalasi pipa air panas dingin memang menjadi hal yang sulit, namun hal tersebut bisa menjadi lebih mudah jika Anda memilih pipa air panas dingin yang tepat. Salah satu rekomendasi pipa air panas dingin yang memiliki sifat ringan dan sistem ulir adalah RUCIKA KELEN GREEN. Jadi, jangan sampai salah memilih, ya.