Para penggemar otomotif pasti setuju jika sedan merupakan model mobil yang paling nyaman. Maka tidak heran, banyak diantara kita yang jika memiliki lebih dari satu buah mobil, maka akan ada satu unit mobil sedan pada garasi rumahnya. Salah satu segmen sedan terlaris di Indonesia, yaitu entry sedan yang ditempati oleh beberapa merek, termasuk Toyota Vios. Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali menghadirkan Vios di Tanah Air pada tahun 2003 lalu sebagai penantang Honda City. Toyota Vios merupakan sedan yang membawa ukuran kompak, sedan asal Jepang ini hadir sebagai pengganti mobil Toyota Soluna yang sudah pensiun. Keandalan Toyota Vios juga sudah terbukti lantaran dipercayakannya Limo sebagai armada taksi sampai sekarang.

Vios Gen Satu

Toyota Vios merupakan salah satu mobil Toyota yang paling lama menggunakan mesin 1.500 cc 1NZ-FE, tercatat sejak 2003 hingga 2016, mesin ini memang termasuk paling bandel. Muncul di tahun 2003, generasi pertama Toyota Vios atau Vios gen satu resmi dijual di Indonesia menggantikan mobil Toyota Soluna sebagai sedan kompak. Mesin berkode 1NZ-FE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i ini mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm. Selanjutnya, pada tahun 2005, Vios mengalami Facelift, Perubahan minor pada desain gril (kontur V), lampu sein di spatbor dan interior warna ivory.

Vios Gen Dua

Toyota Vios generasi kedua atau Vios gen dua mulai dipasarkan pada tahun 2007 lalu dengan membawa desain yang mirip Yaris. Toyota Vios gen dua ini memiliki kelengkapan melimpah, jok dan suspensi yang lebih empuk membuat kualitas berkendara lebih nyaman dari sebelumnya. Meski mesinnya sama dengan Yaris dan berkode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc VVT-i 109 dk, Vios gen dua telah dilengkapi Intelligent Drive by Wire ETCS- i. Sistem kerja ETCS-i tanpa hubungan mekanis di pedal gas akan makin hemat BBM dan ramah lingkungan. Selanjutnya, Vios mengalami facelift pada bulan April 2010, kesan elegan seperti gril dua baris dikrom, lampu kabut, desain pelek, desain lampu belakang baru, serta lis krom di be├žlakang. Interior warna beige dengan pola jok yang baru. dan Versi TRD Sportivo hadir dengan membawa tampilan eksterior yang lebih keren.

Vios Gen Tiga

Generasi ketiga diperkenalkan bulan Mei 2013 di Indonesia dan masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi Vios sebelumnya yaitu mesin 1.500 cc 1NZ-FE. Tapi pada tahun 2016 Vios diperbaharui dengan menggunakan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i. Mesin ini juga dipakai yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan Toyota Sienta generasi kedua. Pada April 2018, Vios mengalami facelift dengan tampilan perubahan yang benyak dan meningkatkan fitur kesalamatan. Peningkatan fitur keselamatannya yakni airbag sebanyak 7 titik, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensord dan Emergency Brake Signal.

Kunjungi website info mobil bekas untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas tentang sejarah mobil Toyota Vios mulai dari Vios gen satu, Vios gen dua, dan Vios gen tiga sampai dengan Vios Joker terbaru.