Bagi Anda yang memiliki hunian lebih dari 1, tidak ada salahnya untuk mengambil opsi menyewakan rumah. Tak hanya memberikan keuntungan yang tinggi, rumah disewakan juga memiliki kerugian yang harus Anda perhatikan dengan baik. Contohnya saja seperti penyewa tidak bertanggungjawab ketika terjadi kesalahan yang disebabkan oleh mereka.

Selain itu, harga sewa yang tidak sebanding dengan biaya perawatan rumah juga menjadi alasan kerugian. Agar hal seperti ini tidak terjadi kedepannya, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin menyewakan rumah.

Saring Calon Penyewa dengan Baik

Semakin hari, tingkat kejahatan semakin tinggi. Inilah yang membuat Anda harus berhati-hati ketika ingin menyewakan rumah. Tanyakan identitas lengkap serta latar belakang dari calon penyewa sehingga nantinya rumah tidak menjadi tempat untuk sarang kriminal. Bukan hanya itu, buat kriteria siapa yang bisa menempati rumah.

Apakah Anda akan menyewakan rumah untuk pasangan suami istri, atau hanya perempuan saja, atau malah mahasiswa. Bila sudah memiliki kriteria siapa yang akan menyewa rumah tersebut, Anda bisa memutuskan tipe penyewa yang Anda perbolehkan.

Buat Perjanjian dengan Cermat

Ketika memutuskan rumah disewakan, Anda harus bersiap untuk membuat perjanjian dengan cepat. Perjanjian bisa mengikat dua belah pihak agar bisa menjalankan kewajiban dan haknya masing-masing. Jika ada yang melanggar, bisa segera dikenai sanksi. Sebenarnya, sudah ada perjanjian sewa menyewa yang diberikan oleh pemerintah.

Dari aturan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perjanjian sewa yakni waktu sewa, hak serta kewajiban hingga besarnya harga sewa. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambah aturan khusus seperti pembayaran air, listrik, perawatan perabotan dan lain-lain.

Selain aturan-aturan di atas, Anda juga bisa memberikan aturan lain. Contohnya, Anda menyewakan rumah ini khusus untuk perempuan, sehingga tidak boleh ada laki-laki yang menginap atau lebih dari 1X24 jam di sana tanpa melapor ke ketua RT.

Pastikan Kembali Jika Keadaan Rumah Baik

Agar penyewa tidak merasa kecewa dengan kualitas bangunan yang dimiliki, jangan lupa untuk melakukan renovasi di beberapa bagian rumah seperti di saluran air, saluran pembuangan, kebocoran hingga lampu. Jika rumah sudah lama tidak ditempati, bersihkan rumah dengan menyeluruh. Beri pelayanan yang baik sebelum mereka resmi menempati rumah, sehingga merasa merasa dihargai.

Lebih-lebih jika rumah disewakan dengan harga yang mahal. tentu saja Anda harus memastikan penghuni akan benar-benar nyaman tinggal di sana. Bila Anda ingin penyewa meninggalkan rumah dalam kondisi baik, pastikan pula Anda memberikan pelayanan yang terbaik.

Jangan Lupa Memperhatikan Pajak

Saat menyewakan rumah, Anda juga harus memperhatikan masalah pajak. Anda harus membayar pajak penghasilan. Besarnya nilai pajak yang harus dibayarkan ialah 10% dari bruto nilai bangunan. Bukan hanya pajak penghasilan, Anda juga harus membayar PBB atau pajak Bumi dan Bangunan. Oleh sebab itu, sebelum menentukan besarnya harga sewa, Anda juga harus memperhatikan biaya pajak.

Tentukan Harga Sewa

Jika rumah sudah siap untuk disewakan, Anda bisas mencari tahu nilai dari bangunan tersebut, bandingkan dengan beberapa rumah yang berada di sekitarnya. Selain itu, apabila mengiklankan rumah secara online, jangan lupa menyampaikan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh rumah tersebut.

Bisnis rumah disewakan memang cukup menarik, karena kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadi penghasilan utama. Namun pastikan memperhatikan berbagai macam hal di atas sehingga menyewakan rumah bisa benar-benar menguntungkan.