manfaat timun

Manfaat timun untuk kesehatan yang tak banyak orang tahu. Kandungan air melimpah, kaya vitamin hingga atasi iritasi. Timun atau Cucumis sativus adalah salah satu buah yang cukup populer di Indonesia untuk dijadikan acar, lalapan hingga minuman segar. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga terasa menyegarkan saat dikonsumsi.

Selain menyegarkan, ternyata timun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti kemampuannya mengobati berbagai penyakit, termasuk penyakit diabetes hingga memberi efek menenangkan terhadap iritasi kulit.

Di samping khasiatnya untuk kesehatan, timun juga bermanfaat untuk kecantikan berkat adanya kandungan vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Penasaran apa saja manfaat timun? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kandungan Gizi Timun

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai khasiat timun, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan gizi dalam 300 gram (g) timun mentah belum dikupas, berikut ini:

  • Kalori: 45 kalori
  • Karbohidrat: 11 g
  • Protein: 2 g
  • Serat: 2 g
  • Vitamin C: 14% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin K: 62% dari AKG
  • Magnesium: 10% dari AKG
  • Kalium: 13% dari AKG
  • Mangan: 12% dari AKG

Selain itu, timun memiliki kandungan air yang melimpah yakni sekitar 96% air yang membantu mengatasi dehidrasi. Ia termasuk buah yang rendah kalori, tetapi mengandung vitamin dan mineral tinggi.

Manfaat/Khasiat Timun untuk Kesehatan

Dengan adanya nutrisi yang begitu melimpah, tak heran apabila buah segar ini memiliki segudang manfaat. Berikut ini adalah khasiat yang bisa kamu dapatkan:

  1. Mencegah Dehidrasi

Air memiliki peran penting untuk fungsi tubuh, sehingga pastikan cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi agar tehindar dari dehidrasi. Hal ini dapat memengaruhi fungsi kerja tubuh hingga sistem metabolisme. Kamu bisa mulai rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menjadi sumber air bagi tubuh.

Mengonsumsi timun yang memiliki kandungan air hingga 96%, yang sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

  1. Kaya Antioksidan

Salah satu dampak buruk dari terpapar radikal bebas adalah dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, autoimun, dan penyakit paru-paru.

Timun yang sangat kaya akan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi kondisi tersebut. Antioksidan timun mengandung flavonoid dan tanin yang mana merupakan dua senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas yang berbahaya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Khasiat timun berikutnya adalah berpontesi membantu menurunkan berat badan, karena timun mengandung rendah kalori. Hal ini berarti kamu dapat mengonsumsi timun tanpa khawatir akan berdampak pada penambahan berat badan.

Kamu bisa mengonsumsi dalam bentuk salad, sandwich, atau makanan pendamping pada beberapa menu makanan. Selain itu, kandungan air yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan yang signifikan.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Berdasarkan beberapa studi menjelaskan bahwa timun terbukti efektif dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.

Konsumsi timun sebagai minuman jus dapat membantu meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh pankreas dalam memproduksi insulin.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu faktor penyebab sembelit adalah karena kurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Makan timun dapat membantu memperlancar buang air besar, sehingga akan terhindar dari penyakit sembelit.

Selain itu, timun mengandung serat yang dapat membantu mengatur pergerakan usus. Jenis serat yang terdapat pada timun adalah pektin.

Pektin sendiri merupakan jenis serat larut yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar dan menyehatkan sistem pencernaan.

Cara Mengonsumsi Timun

Umumnya, timun sering diolah menjadi acar dan pelengkap pada beberapa menu makanan, seperti lalapan yang bisa kamu dapatkan di restoran atau warung makan pinggir jalan.

Namun, sebagian orang juga sering mengonsumsinya sebagai jus yang dipadukan dengan jenis buah atau sayur lainnya.

Misal, seperti jus buah timun dan apel yang sehat sekaligus menyegarkan. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, ikuti cara dan langkah membuatnya berikut ini:

  • Cuci buah apel fuji dan timun hingga bersih. Kemudian, potong-potong kecil atau sesuai selera.
  • Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dan gula secukupnya. Lalu, blender semuanya hingga halus.
  • Tuang dan saring ke dalam gelas.
  • Jus buah timun dan apel siap dinikmati.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menjadikan timun sebagai salah satu menu sehat andalan kamu?

Sekarang tak perlu khawatir repot, karena kamu bisa mendapatkan timun dan aneka buah-buahan segar lainnya secara mudah dan terjangkau hanya di TaniHub!

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!