Bromo selalu menjadi salah satu destinasi wisata alam dan budaya favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang menginginkan daerah pegunungan sebagai lokasi liburan. Bromo sendiri masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru (TNBTS). Nah, bagi Anda single traveler yang ingin ke sini, cobalah ikut open trip Bromo ini.

Open Trip Ke Bromo

Open trip merupakan perjalanan wisata gabungan dengan banyak orang yang berasal dari daerah yang berbeda dan tidak saling mengenal. Karena memang open trip ini biasanya di buka untuk single traveler yang menginginkan perjalanan wisata dengan harga terjangkau. Jadi, meskipun dari rumah berangkat sendiri, Anda tetap punya teman perjalanan dan bisa berwisata dengan harga murah. Bahkan dari kegiatan ini, Anda bisa dapat kekasih atau jodoh lho.

Estimasi Harga Open Trip Ke Bromo

Estimasi harga Open Trip ke Bromo bervariasi, bergantung titik penjemputan pengunjung. Untuk pemberangkatan dari Kota Batu, biasanya per orang yang ikut dikenai harga Rp 325.000. Sedangkan pemberangkatan dari Kota Malang sekitar Rp 350.000 per orangnya. Jika Anda ingin dijemput dari Surabaya, setidaknya akan dikenai harga Rp 375.000 per orang.

Estimasi harga tersebut sudah termasuk sewa mobil untuk penjemputan, sewa jeep untuk keliling bromo dari pintu masuk, biaya parkir, tiket masuk, P3K, snack dan air mineral. Sayangnya, harga tersebut belum bisa mengakomodir biaya makan. Untuk urusan makan Anda bisa request menu kepada agen wisata open trip ini dan mendiskusikan harganya atau memilih makan di kios tempat wisata.

Estimasi Jadwal Wisata Open Trip Ke Bromo

Kebanyakan open trip mengambil waktu supaya bisa menikmati sunrise. Namun ada pula yang menyediakan open trip sunset meskipun jarang. Untuk open trip sunrise ke Bromo, peserta biasanya akan di jemput dari Surabaya, Malang, atau Batu pada pukul 23.00 malam. Kemudian menuju ke pintu masuk Bromo untuk ganti armada jeep sekitar pukul 03.00 dini hari.

Perjalanan pun dilanjutkan ke spot untuk menyaksikan matahari terbit. Ada beragam opsi untuk menyaksikan sunrise, bisa ke Penanjakan, Seruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, atau ke Mentingen. Wistawan yang ikut open trip menunggu di spot ini hingga matahari terbit dan mulai meninggi sekitar pukul 06.00.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan Kawah Bromo dan Pura Luhur Poten hingga pukul 08.00 pagi. Trip berlanjut ke spot Padang Savana hingga pukul 09.00, lalu setelahnya ke Lautan Pasir Berbisik dan stay sampai pukul 10.00. setelah ini, perjalanan di lanjutkan ke titik awal. Wisatawan yang ikut serta, kira-kiranya sampai di Surabaya, Malang, atau Batu pada pukul 14.00 siang.

Itulah kiranya keseruan yang bisa Anda dapatkan bila ikut dalam wisata open trip Bromo. Tak perlu khawatir akan canggung dengan teman perjalanan, karena pastinya Anda akan banyak berinteraksi dengan mereka selama perjalanan. Bahkan bisa berlanjut menjalin hubungan lho.