Dalam pembuatan suatu laporan terkadang memasukkan data dilakukan secara manual baik menggunakan Microsoft word ataupun Microsoft excel. Hal tersebut akan memakan waktu, sebagai karyawan haruslah tanggap dan cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan adanya fungsi rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel dapat membantu beban kerja karyawan lebih cepat dan memudahkan membuat laporan secara otomatis dengan hanya mengikuti langkah-langkah syntax rumus VLOOKUP excel.

Pembuatan suatu laporan pada setiap harinya akan terus bertambah, terutama jika bekerja sebagai karyawan outlet makanan atau resto. Untuk mensiasati overloud dalam pemesan makanan, penggunaan rumus VLOOKUP excel sangat diperlukan. Anda hanya perlu mengisikan data tanggal, nama pembeli serta kode pembelian makanan, sementara data makanan dan harga akan terisis secara otomatis.

Pengsisian data secara otomatis dapat dilakukan dengan melihat table referensi pada table referensi menu makanan, dan laporan tersebut akan berfungsi secara otomatis dengan menggunakan fungsi rumus VLOOKUP. Agar lebih jelas, mari simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, buka aplikasi Microsoft excel, kemudian buatlah table referensi menu makanan.

Langkah kedua, setelah membuat table referensi menu makanan, save terlebih dahulu dengan nama rumus excel vlookup. Penyimpanan ini dilakukan agar ketika kita lupa menggerakkan kursor ke tanda close, file sudah tersimpan seperti gambar berikut.

Langkah ketiga, blok pada sel B6 sampai sel D10, klik kanan pilih Define Name, pada bagian Name isikan dengan nama makanan, lalu klik Ok, seperti gambar dibawah ini.

Kemudian lihat gambar berikut.

Jendela New name akan muncul, pengisian nama makanan pada name bertujuan agar memudahkan Anda nanti akan dibuat laporan, data pada lembar keja referensi ini bisa terbaca pada lembar kerja laporan.

Langkah keempat, buatlah table laporan pemesanan makanan. Tabel ini dibuat pada lembar kerja atau sheet berikutnya yang berada disamping dari lembar kerja referensi. Tetapi kedua lembar kerja ini masih berada dalam satu file dokumen yang sama.

Langkah kelima, pada lembar kerja laporan, terlihat nama makanan dan harga masih kosong belum terisi, maka langkah selanjutnya akan diisi secara otomatis dengan fungsi rumus VLOOKUP. Masukkan rumus pada sel E6 seperti ini =VLOOKUP(D6,Makanan,2,FALSE). Maka hasilnya seperti gambar berikut.

Langkah keenam, untuk pengisian data pada sel E7 dan E8 dapat menggunakan fungsi auto fill, seperti gambar berikut.

Langkah ketujuh, untuk mengsisi sel F6 berupa harga, isi nama makanan dengan menggunakan fungsi rumus VLOOKUP, tetapi pada bagian col_index_num diisi dengan angka 3 agar hasil sesuai dengan data harga pada referensi, gunakan rumus seperti ini, =VLOOKUP (D6,Makanan,3,FALSE)

Hasil akan seperti gambar berikut.

Langkah kedelapan, untuk pengisian sel F7 dan F8 dapat menggunakan fungsi auto fill.

Setiap karyawan sealu ingin mengerjakan sesautu dengan instat, agar pekerjaan lebih cepat dan lebih praktis. Maka rumus VLOOKUP excel menjadi solusi dalam pembuatan laporan pekerjaan.