Domain .com kini menjadi domain andalan yang banyak dipilih oleh pemilik website dalam menjalankan websitenya. Pemilihan domain .com dilakukan oleh mereka yang menjalankan website untuk tujuan bisnis, perusahaan ataupun hal-hal komersial lainnya. Sayangnya, banyak orang yang saat ini masih bingung untuk membeli domain karena belum menemukan tempat membeli domain .com murah.

Tips Sebelum Anda Membeli Domain untuk Website

Sebelum Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sebuah domain untuk website, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting seperti di bawah ini:

1. Pemilihan Nama Domain

Dalam memilih nama domain, ada beberapa hal penting yang patut Anda perhatikan. Pasalnya, nama domain berperan penting seperti halnya sebuah merk atau brand bagi produk. Sehingga nama domain mewakili isi website Anda secara keseluruhan. Sebaiknya buatlah nama domain yang singkat serta mudah dibaca oleh para pengunjung internet.

Nama domain dibuat jelas dan tidak menyulitkan para pengunjung untuk membacanya. Anda sebaiknya menghindari penggunaan angka dan juga tanda hubung saat membuat nama domain kecuali memang brand produk Anda terdapat angka di dalamnya. Selain itu yang tidak kalah penting adalah pastikan nama domain tidak terkait dengan hak cipta atau copyright milik orang lain.

2. Tentukan Asal dari Target Visitor Website

Anda harus memahami darimanakah asal target visitor website Anda. Pasalnya hal ini sangat penting dalam penentuan pemilihan domain dan sebagainya. Misalnya saja untuk domain .co.id adalah domain untuk visitor asal Indonesia.

3. Domain Harus Sesuai dengan Tujuan

Tidak semua domain cocok untuk semua jenis kegiatan. Misalnya saja domain .com cocok digunakan untuk hal-hal yang bersifat komersial seperti bisnis, perusahaan dan sebagainya. Sementara domain .org untuk kebutuhan organisasi ataupun yayasan. Pemilihan domain yang tepat sangat menentukan keberhasilan website Anda untuk mendapatkan trafik yang tinggi.

4. Beli Domain di Tempat Terpercaya

Belilah di tempat yang memberikan pelayanan memuaskan seperti bantuan pemeliharaan 24/7 sepanjang tahun. Dengan mendapatkan bantuan yang selalu aktif menolong Anda, maka Anda pun tidak perlu kesulitan untuk mengoperasikan website. Pilih juga tempat yang memberikan beragam pilihan nama domain dari mulai .com hingga beragam domain lainnya. Cek pula fitur apa saja yang Anda dapatkan saat membeli domain dari tempat tersebut.

Pilihan Tempat Membeli Domain .com yang Murah

Domain .com diakui sebagai domain yang paling populer saat ini. Pasalnya, berdasarkan rangking oleh Alexa domain .com memiliki popularitas yang paling tinggi dengan jumlah 8 website berdomain .com menduduki peringkat teratas. Berikut adalah pilihan tempat yang menawarkan biaya domain .com dengan murah.

1. DomaiNesia

Dari namanya sudah jelas kalau perusahaan ini menyediakan layanan domain. Pilihan domain yang bisa didaftarkan sangat banyak, mulai dari ekstensi domain yang terkenal seperti .com, .net, .org, domain .id juga bisa didaftarkan disini. Untuk biaya berlangganan .com di DomaiNesia adalah sebesar Rp 129.000 per tahun, biaya tersebut sama untuk pendaftaran baru, transfer atau perpanjangan.

DomaiNesia juga menyediakan layanan hosting mulai dari harga Rp 16.000 per bulan. Bagi yang ingin membuat website bisa langsung membeli hosting dan domain sekaligus disini. Pembayarannya pun mudah, bisa melalui transfer bank, PayPal, kartu kredit, OVO atau Indomaret.

2. Niagahoster

Niagahoster.co.id merupakan salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yang sudah cukup terkenal. Niagahoster menawarkan beragam domain termasuk .com dengan harga yang terjangkau namun fitur lengkap. Niagahoster menawarkan fitur DNS Management yang akan memudahkan Anda dalam mengelola website. Biaya berlangganan domain .com di Niagahoster sebesar Rp 125 ribuan.

3. Jogjahost

Jogjahost menyediakan fitur keamanan yang sangat berguna untuk mengamankan website Anda dari tindak kejahatan cyber crime. Jogjahost menawarkan fitur keamanan Whois Privacy yang berguna untuk menyembunyikan data pribadi dari pemilik domain yang bisa diakses melalui WHOIS public.

Untuk melindungi website Anda dari tindakan pencurian domain yang sering terjadi di internet, Jogjahost memberikan tambahan perlindungan Theft Protection. Harga pendaftaran domain .com di Jogjahost hanya sebesar Rp 150 ribu saja.

4. Hostinger.co.id

Hostinger juga menyediakan pembelian domain .com murah dengan harga hanya sebesar Rp 128 ribuan saja. Anda bisa mendapatkan berbagai fitur dan layanan yang menarik dari Hostinger termasuk pengamanan website.

5. Beli Domain dari Jagoweb.com

Di Jagoweb.com, Anda bisa membeli domain .com dengan harga yang terbilang murah. Biaya untuk pembelian domain .com di Jagoweb.com adalah sebesar Rp 119 ribuan saja per tahun. Selain menawarkan domain dengan harga murah, Jagoweb.com juga menawarkan layanan hosting dengan bantuan penuh. Jagoweb.com juga memberikan fitur tambahan berupa VPS. Ada banyak pilihan nama domain yang juga tersedia di Jagoweb.com.

Beberapa penyedia layanan domain di atas selain menawarkan domain .com murah namun juga domain yang gratis. Anda berkesempatan untuk mendapatkan domain .com secara gratis dengan berlangganan paket hosting di penyedia layanan hosting dan domain.