WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia. Bahkan, di Indonesia pengguna aplikasi ini sudah mencapai angka 83%. Sebagian besar orang merasa puas dengan fitur yang dihadirkan. Akan tetapi, ada juga yang masih mengeluhkan, khususnya fitur keamanan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga privasi di WhatsApp.

Tips Menjaga Privasi di Aplikasi WhatsApp

1. Mematikan fitur read receipts

Fitur ini akan memberi tahu apakah sebuah pesan telah dibaca penerima atau belum. Apabila terdapat tanda dua centang biru, artinya pesan sudah dibaca. Sementara itu, dua centang berwarna abu-abu artinya pesan tersebut sudah berhasil dikirim, namun belum dibaca. Sekilas fitur ini memang membantu seseorang untuk memastikan apakah pesan sudah dibaca si penerima.

Akan tetapi, bagi sebagian orang yang sangat mengutamakan privasi, justru ini adalah hal yang cukup mengganggu. Oleh karena itu, mematikan fitur ini adalah jawabannya. Caranya cukup mudah, yakni masuk ke menu pengaturan, pilih bagian Akun, kemudian pilih Privasi. Hapus centang pada bagian Read Receipts yang terdapat di bagian bawah. Dengan demikian, orang lain yang mengirim pesan kepada Anda tidak akan tahu apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

2. Mematikan last seen

Last seen berisi informasi tentang kapan terakhir kali pengguna WhatsApp membuka aplikasi ini. Biasanya fitur ini akan aktif secara otomatis ketika pertama kali menginstal. Anda bisa mematikan fitur ini jika tidak ingin orang lain tahu kapan terakhir kali Anda menggunakan WhatsApp. Namun, sebagai konsekuensinya Anda juga tidak akan bisa mengetahui kapan terakhir kali teman Anda menggunakan aplikasi ini.

Cara untuk melakukannya adalah dengan mengeklik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu pengaturan. Pilih menu Akun dan masuk ke menu Privasi. Anda akan melihat opsi Last Seen. Ubah pilihan Everyone menjadi Nobody jika ingin tidak ada yang bisa melihat atau My Contacts jika ingin hanya kontak Anda saja yang bisa melihatnya.

3. Membatasi jangkauan status

Secara default, semua orang yang menyimpan kontak Anda akan bisa melihat status yang Anda buat. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hal tersebut karena merasa aktivitas harian bisa dipantau oleh banyak orang yang belum tentu dikenal, cobalah untuk membatasinya. Dengan begitu, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa melihat status WhatsApp Anda.

Pertama, masuk ke menu pengaturan, pilih Akun, dan masuk ke menu Privasi. Pilih pada bagian Status. Di halaman ini Anda bisa menyeleksi kontak mana yang dapat melihat status serta memblokir orang tertentu yang tidak bisa melihatnya.

4. Menyembunyikan foto profil

Foto profil memang berperan sebagai sebuah identitas. Akan tetapi, mungkin ada rasa tidak nyaman yang muncul ketika orang yang tidak dikenal bebas melihat foto profil Anda. Kabar baiknya, seperti halnya status WhatsApp, Anda juga bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat foto profil tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ada orang tak dikenal ingin melihat foto profil Anda.

Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih menu Akun, lalu pilih Privasi. Klik pada pilihan Foto Profil. Ubah menjadi Nobody, My Contacts, atau Everyone sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda.

Dengan cara di atas, kini Anda sudah bisa menjaga privasi di WhatsApp dengan lebih baik lagi. Tidak akan ada orang tak dikenal yang akan stalking akun Anda, baik itu foto profil, status, kapan terakhir online, dan sebagainya.

Sumber : https://goodbizid.com/