pompa air tenaga surya

Dana desa memiliki prioritas manfaat agar dapat membiayai pembangunan serta pemberdayaan masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan menanggulangi kemiskinan.

Dari segi kemiskinan, dana ini mempunyai dampak yang begitu luas sehingga dapat menumbuhkan perekonomian yang berada di pedesaan, bila dilihat dari segi kemiskinan, dengan dana ini angka kemiskinan menurun hingga dua kali lipat.

Hingga saat ini, lebih dari Rp 187 triliun sudah disalurkan ke semua desa yang berada di Indonesia. Tentu saja dengan adanya dana ini, masyarakat dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan serta meningkatkan produktivitas, bahkan meningkatkan kualitas hidup di lingkungan desa.

Contoh Alokasi Dana Desa yang Bermanfaat

Dana yang dibeirkan oleh pemerintah ini nyatanya benar-benar dapat membantu masyarakat, berikut beberapa contoh alokasi dana untuk desa dari pemerintah yang bermanfaat, antara lain:

  1. Desa Lumban Gaol

Desa Lumban Gaol merupakan desa yang lokasinya di pinggir Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir. Wilayah ini memiliki luas kurang lebih 158 Ha serta dibagi menjadi 3 dusun. Mayoritas masyarakat yang berasal dari desa ini memiliki mata pencaharian sebagai petani, sehingga tidak heran di sini terlihat sawah yang hijau.

Desa ini memperoleh dana sebesar Rp 200 jutaan di tahun 2015, serta Rp 500 jutaan di tahun 2016 dan Rp 700 jutaan di tahun 2017, dana tersebut digunakan untuk membangun saluran irigasi, dan sekarang masyarakat sudah mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari pembangunan tersebut.

  1. Desa Harjokuncaran

Desa Harjokuncaran berlokasi di Sumbermanjing Wetan. Masyarakat yang berada di desa ini memiliki mata pencaharian sebagai petani kopi. Luas lahan kopi di desa ini kurang lebih 380 ha.

Dengan menggunakan dana untuk desa, petani di daerah ini kemudian membuat kopi dengan menggunakan cara tradisional namun dengan pengemasan modern.

  1. Desa Ponggok

BUMDs Tirta Mandiri Ponggok mencatat pemasukan yang mencapai Rp 14 miliar. Wisata ini berlokasi di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menjadi pilihan untuk pelancong di daerah Solo dan Yogyakarta.

Pilihan Alokasi Dana Desa Saat ini

Dana khusus desa yang diberikan oleh pemerintah memang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat, namun akan lebih baik jika memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu seperti ketersediaan air.

Anda dapat menggunakan dana ini untuk mencukupi ketersediaan air dengan membangun pompa air, sehingga seluruh warga dapat merasakan manfaatnya. Namun akan lebih baik jika pompa yang dibangun adalah pompa hemat energi seperti tenaga surya.

Sanspower menjadi salah satu rekomendasi layanan pengadaan pompa dengan tenaga surya. Saspower memiliki layanan premium dan sudah melayani pemasangan pompa air tenaga surya di berbagai desa di Indonesia. Hubungi kami segera dan mari diskusikan pompa yang paling tepat untuk desa Anda.