Demam korea beberapa tahun terakhir di Indonesia sangat meningkat mulai dari drama korea hingga mobil korea. Banyaknya mobil korea yang masuk ke Indonesia, membuat permintaan sparepart mobil korea juga meningkat. Seperi mobil lainnya, mobil korea juga perlu dirawat dengan baik mulai mengganti sparepart yang aus hingga servis secara berkala. Ngomong-ngomong tentang perawatan, apa saja sparepart mobil korea yang harus dirawat?

1. Oli mesin

Sparepart mobil korea yang harus Anda rawat pertama adalah oli mesin. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas pada bagian dalam mesin, sehingga Anda harus rutin mengganti apabila sudah pekat dan kering. Biasanya proses penggantian oli mesin dilakukan apabila speedometer mencapai 1.000 km.

2. Filter udara

Anda perlu memperhatikan penggantian filter udara secara rutin. Sebab, filter udara yang kotor menyebabkan terhambatnya sirkulasi udara sehingga membuat kabin mobil terasa panas dan konsumsi BBM menjadi boros. Meskipun filter udara dapat Anda bersihkan secara mandiri, penggantian filter udara disarankan apabila mobil sudah menempuh sejauh 40.000 km.

3. Busi

Meski bentuknya kecil, sparepart mobil ini tidak dapat disepelehkan. Busi berfungsi sebagai pemantik api dalam proses pembakaran di ruang mesin sehingga laju mobil kencang. Busi yang terganggu dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar, dan mobil mogok. Sebaiknya Anda ganti setiap 20.000 km.

4. Lampu

Lampu berfungsi sebagai penerang saat Anda melakukan perjalanan terutama di malam hari. Melakukan perawatan yang rutin pada lampu sangat bermanfaat bagi keselamatan Anda, lampu yang terang meminimalisir kecelakaan seperti menabrak sesuatu. Ganti sparepart ini 1 tahun sekali semenjak Anda melakukan pemasangan.

5. Filter AC

Sparepart mobil korea yang satu ini wajib Anda perhatikan, filter AC yang rusak akan membuat Anda kegerahan saat mengemudi,dan mengganggu kenyamanan Anda. Sebaiknya Anda melakukan perawatan filter AC jika mobil sudah menempuh jarak 20.000 km.

6. Kampas rem

Rem yang rusak merupakan masalah krusial saat Anda ingin melakukan perjalanan. Untuk menghindari kecelakaan, pastikan Anda selalu mengecek ketebalan kampas rem, bila saat di rem, mobil tidak mengeluarkan suara decitan maka segera ganti kampas rem dengan yang baru.

7. Kanvas kopling

Sparepart mobil korea berikutnya yang membutuhkan perawatan adalah kanvas kopling. Penggantian kanvas kopling disebabkan oleh faktor pemakaian mobil yang ugal-ugalan, serta seringnya melewati jalan yang menanjak. Jangan sampai keselamatan Anda terancam hanya karena kurangnya melakukan perawatan  kanvas kopling.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dalam melakukan perawatan terhadap mobil korea Anda. Apabila sparepart mobil korea Anda mengalami kerusakan, Anda tidak usah khawatir karena MobilKoreaPart.com hadir memberikan solusi. Situs ini merupakan spesialis sparepart mobil korea di Indonesia, yang sudah dikenal kualitasnya. Selain itu, situs ini juga menjual berbagai macam  aksesoris variasi mobil.